Pesisir Pantai Ketape





            Indonesia, Negara yang terkenal akan sumber daya alamnya yang melimpah mulai dari daratan hingga lautan. Menjadikan Negara dengan tujuan wisata yang fantastic. Tak perlu jauh-jauh untuk keluar negeri bagi warga Negara Indonesia, karena Negara kita sendiri sudah banyak tempat wisata yang melebihi Negara lain. Kita memiliki sejuta tempat wisata yang menarik dari Sabang sampai Maroke. Kali ini saya akan berbagi cerita tentang perjalanan wisata saya menuju pulau
Sumatera tepatnya di kota Manna, Bengkulu Selatan. Manna merupakan kota kecil yang dikelilingi oleh pantai dan sungai. Ada banyak pantai di kota manna. Dari lima pantai yang saya kunjungi, saya tertarik untuk membahas kehidupan di pesisir pantai ketape. Ketika di pantai ini kalian akan disuguhi pemandangan laut yang indah dengan pasir dan bebatuan di tepi pantai.
            Yang menarik saya untuk membahas pantai ketape bukan sekedar keindahan alamnya saja, tetapi aktivitas yang dijalani oleh masyarakat setempat. Dipantai ini merupakan tempat pengambilan pasir dan batu untuk pembangunan gedung atau rumah. Seperti yang kita ketahui, Indonesia terkenal akan ketradisonalannya. Ya… kita juga akan melihat ketradisionalan masyarakat di pesisir pantai ketape dalam proses pengambilan batu dan pasir.
            Masyarakat mengambil pasir dan batu menggunakan gerobak yang di dorong oleh seekor sapi.





kemudian sapi membawa pasir atau batu ke tempat pengumpulan. para orang tua lanjut usia menghabiskan waktu mereka di pesisir pantai ketape, menikmati sepai sepoi angin sambil menutus batu yang akan di perjualbelikan. hah, pemandangan yang mengasyikan untuk dibahas.


terlihat di pikiranku, betapa kerasnya menutus batu dengan tenaga mereka yang mulai melemah. aku saja rasanya tidak sanggup menutus satu batu, apalagi harus menutus beratus-ratus batu setiap hari. seharusnya di usia mereka yang seperti ini, bersantai di rumah sambil menikmati hidup mereka. Huh,, andai aku bisa membantu mereka, membuat alat penutus batu yang modern sehingga tak perlu lagi menghabiskan energi terlalu banyak. tapi aku bukanlah ahli dalam bidang permesinan aku hanya perencana, menuliskan apa yang ada di pikiranku saat ini ke dalam blog ini dan berharap ada seseorang yang tertarik membuat alat penutus batu :)
liburan yang menyenangkan, banyak hikmah aku dapat di kota kecil ini,,

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Proposal Pembuatan Kompos

LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

RUANG LINGKUP PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS