Rpp tema tanaman Sub tema Daun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan :
TK Rabbani
Semester : B / 1 (Satu) Ganjil
Tema : Tanaman
Sub Tema :
Bentuk-bentuk Daun
Kelompok :
TK B
Usia : 5-6 Tahun
Waktu
Pembelajaran : 07.30 – 10.00 WIB
Hari/Tanggal : Rabu, 4 Maret 2015
A.
KOMPETENSI INTI
KI-1
|
Menerima ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI-2
|
Memiliki perilaku hidup
sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri,
peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu mampu
menyesuaikan diri, tanggungjawab, jujur, rendah hati dan santun dalam
berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman.
|
KI-3
|
Mengenali diri, keluarga,
teman, pendidik, lingkunga sekitar, agama, teknologi, seni dan budaya di
rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera
(melihat, mendengar, menghirup, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan
informasi; menalar, dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain.
|
KI-4
|
Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia.
|
B.
KOMPETENSI DASAR
1.2
|
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar
sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
|
2.2
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif.
|
3.8
|
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah,
air, batu-batuan, dll)
|
4.8
|
Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh.
|
C.
INDIKATOR
Moral : Membaca doa sebelum dan
sesudah belajar
Bahasa : Menyanyikan lagu yang
berjudul “Tanaman”
Kognitif : Membedakan bentuk – bentuk daun melalui
cetak penampang
Fisik/Motorik : Mencetak bentuk daun pada kertas
Sosem :
Bekerja sama
dengan teman sebaya dan orang dewasa
Seni : Mewarnai permukaan daun
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Moral : Dengan berdoa
sebelum dan sesudah belajar, anak dapat mengucapkan
doa sebelum dan sesudah belajar secara jelas
dan tepat.
Bahasa : Dengan menyanyikan lagu “Tanaman”,
anak dapat memperbanyak
perbendaharaan kosakata bahasa anak
Kognitif : Dengan mengamati jenis-jenis
bentuk daun, anak dapat menbedakan
bentuk daun secara jelas.
Fisik/Motorik : Dengan mencetak bentuk daun pada kertas, anak dapat
menyeimbangkan koordinasi mata dan tangan
secara baik
Sosem : Dengan berinteraksi dengan
teman sebaya dan orang dewasa, anak
dapat berkerjasama secara adil.
Seni :
Dengan mewarnai dipermukaan daun, anak dapat mengenal berbagai
jenis warna
E. MATERI AJAR

Uraian
materi
1. Doa
Sebelum dan Sesudah Belajar
2. Pengertian
Daun

3. Bentuk
– Bentuk Daun
Bentuk daun berdasarkan Susunan tulang daun antara lain:
a.
Menyirip
Tulang daun jenis ini memiliki susunan seperti sirip-sirip
ikan, tersusun rapi mulai dari tangkai daun hingga ujung dari helai daun.Contoh
tumbuhan yang memiliki jenis tulang seperti ini adalah tulang daun jambu,
mangga, dan rambutan.
b.
Melengkung
Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis – garis
melengkung.Tulang daun jenis ini dapat kita temukan pada berbagai tumbuhan di
lingkungan sekitar kita. Misalnya, tulang daun siri, gadung, dan genjer
c.
Menjari
Tanaman ini mempunyai satu tulang daun yang besar dan
bentuknya seperti jari-jari tangan manusia.Misalnya tulang daun pepaya, jarak,
singkong, dan kapas.
d.
Sejajar
Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis sejajar,
mulai dari pangkal daun hingga ujung daun.Tiap-tiap ujung tulang daun menyatu.
Biasanya bentuk daunnya panjang-panjang.Misalnya, tulang daun tebu, padi,
jagung, alang-alang, dan semua jenis rumput-rumputan.
4. Fungsi
Daun
Setiap jenis tumbuhan memiliki
struktur daun yang khas, hal ini disesuaikan dengan fungsinya sesuai tempat
hidupnya. Fungsi utama daun adalah untuk menyerap sinar matahari untuk
pembuatan gula tanaman dalam proses yang disebut fotosintesis. Daun berkembang
sebagai permukaan rata untuk menyajikan area yang luas untuk penyerapan yang
efisien energi cahaya. Daun didukung dari batang dengan embel batang-seperti
yang disebut tangkai daun. Daun bagi tumbuhan berfungsi antara lain sebagai
berikut:
a.
Sebagai tempat berlangsungnya proses pembuatan
makanan tumbuhan (fotosintesis), karena daun mengandung klorofil atau zat hijau
daun.
b.
Berperan pada proses penguapan tumbuhan.
c.
Merupakan salah satu alat pernapasan pada
tumbuhan, yaitu melalui bagian daun yang disebut stomata atau mulut daun.
d.
Turut berperan dalam proses penyerapan air dan
zat hara dari dalam tanah.
e.
Bahan perkembangbiakan, misalnya pada cocor
bebek.
f.
Tempat penyimpan cadangan makanan, misalnya pada
bawang merah dan lily.
5.
Cetak Penampang
Cetak penampang daun-daunan merupakan
karya seni rupa dwi mantra (2 dimensi) cetak tinggi. Cetak tinggi yakni seni
cetak yang mana bagian-bagiannya timbul, apabila diberi tinta dan diletakkan
pada permukaan kertas (bidang datar) akan meninggalkan bekas yang sesuai dengan
bagian yang timbul pada cetakan. Proses cetak tinggi menggunakan alat cetak
yang akan menghasilkan gambar dari bagian yang menonjol. Apabila alat cetak
dioles dengan tinta, bagian yang menonjol atu akan menerima tinta. Jika klise/
alat cetak itu ditempelkan pada kertas kemudian diangkat, maka tampaklah gambar
pada kertas. Contoh cetak tinggi yang sederhana ialah: stempel, jari, uang
logam, potongan pelepah pisang, tutup botol, cukilan ubi/ wortel, dan
sebagainya.Pembuatan alat cetak untuk cetak tinggi dapat dilakukan dengan
menggunakan guntingan gambar, dan selanjutnya dapat untuk mencetak, contohnya
media berupa: guntingan gambar, papan/ karet /ubi, cat poster/ pewarna, pensil,
pencukil, dan kertas gambar.
Proses pencetakkan daun-daunan
dilakukan sebagai berikut:
a.
Pilihlah bentuk daun yang menarik serta
ukurannya tidak terlalu lebar.
b.
Siapkan pewarna pada alas warna seperti pada
cetak penampang. Usahakan agar keadaan pewarna pada alas merata keadaannya,
serta tidak terlalu encer.
c.
Tempelkan permukaan daun tadi serata mungkin
pada alas pewarna.
d.
Selanjutnya permukaan daun yang sudah berwarna
tadi tempelkan pada kertas yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Gosoklah
permukaan daun itu dengan hati-hati dan jangan sampai bergeser. Agar aman dan
leluasa menggosok, simpanlah kertas di atas permukaan daun tersebut.
F. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
·
Scientific
·
Demonstrasi
·
Tanya
Jawab
·
Bercerita
|
·
Tugas
·
Ceramah
·
Praktek
langsung
|
G. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Kegiatan Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pembukaan
|
Ø Guru mempersiapkan bahan dan materi ajar.
Ø Anak berbaris
Ø Memeriks kuku anak
Ø Anak berjabat tangan dan memberi salam
Ø Bernyanyi
Ø Berdoa sebelum belajar
Ø Absen sambil bernyanyi
Ø
Apersepsi menayakan
tentang pelajaran yang lalu kepada anak dan mehubungkannya dengan pelajaran
hari ini
Ø
Menayakan hal yang
mengarah ke tema
Ø Motivasi
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
30 menit
|
Kegiatan Inti
|
Ø Menanyakan kembali tentang pelajaran kemarin
Ø Mengamati daun-daun yang yang dilingkungan sekitar
Ø Menyebutkan jenis-jenis bentuk daun
Ø Menyanyikan lagu “Tanaman”
“Lihat tanamanku penuh dengan daun
Ada yang menyirip dan ada yang menjari
Kuwarnai setiap dedaunan,
Sejajar melengkung, semuanya indah”
*versi lagu lihat kebunku
Ø Mendemontrasikan cara cetak penampang dedaunan pada kertas
Ø Membagi peserta didik menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 4
peserta didik
Ø Membagikan media pada setiap kelompok
Ø Mewarnai permukaan daun dengan cat air
Ø Mencetak daun yang telah diwarnai pada kertas
|
30 Menit
|
Istirahat
|
-
|
30 Menit
|
Penutup
|
Ø
Tanya jawab tentang berbagai
bentuk daun
Ø
Memberikan reward kepada anak yang
dapat menjawab pertanyaan
Ø
Mengevaluasi pembelajaran
Ø
Menyanyikan lagu “tanaman”
Ø
Berdoa sesudah belajar
Ø
Salam
Ø
Pulang
|
30 Menit
|
H.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1. MEDIA
Alat dan bahan cetak penampang
·
Dedaunan
·
Car air
·
Kertas
·
Kuas
·
Air
2.
SUMBER
·
Kurikulum Permen 137 dan
146 tahun 2014
·
Program tahunan,program semester dan
RKM PAUD,2012,KKG/IGTK
·
Pedoman
Pengembangan Silabus di Taman Kanak-Kanak,2012
·
Kurikulum 2013
·
Gambar google
I.
PENILAIAN
a.
Prosedur
Penilaian
·
Proses
·
Hasil
b. Jenis Penilaian
·
Lisan
o Keberanian anak untuk
menjawab pertanyaan
o Keberanian anak mengemukakan
pendapatnya
o Menyebutkan benda/ media
yang diperlihatkan oleh guru
·
Tulisan
Mencetak
bentuk daun pada kertas
·
Perbuatan
Melakukan
setiap kegiatan cetak penampang daun-daunan
c. Bentuk Penilaian
·
Unjuk
Kerja
·
Sikap
d.
Alat
Penilaian
·
SOAL
(LKPD) *Terlampir
·
Lembar Penilaian
(observasi) *Terlampir
Mbak suraya atika, apabila berkenan bekerjasama joint venture penghasilan melalui program adsense dapat dengan sistim bagi hasil bisa email saya di yusufbachtiar02@gmail.com
ReplyDelete