Rpp tema tanaman Sub tema Daun


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan              : TK Rabbani
Semester                             : B / 1 (Satu) Ganjil
Tema                                   : Tanaman
Sub Tema                            : Bentuk-bentuk Daun
Kelompok                           : TK B
Usia                                     : 5-6 Tahun
Waktu Pembelajaran           : 07.30 – 10.00 WIB
Hari/Tanggal                       : Rabu, 4 Maret 2015


A.      KOMPETENSI INTI
KI-1
Menerima ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu mampu menyesuaikan diri, tanggungjawab, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman.
KI-3
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkunga sekitar, agama, teknologi, seni dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghirup, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; menalar, dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain.
KI-4
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR
1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
2.2
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif.
3.8
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh.

C.      INDIKATOR
Moral                    : Membaca doa sebelum dan sesudah belajar
Bahasa                  : Menyanyikan lagu yang berjudul “Tanaman”
Kognitif               : Membedakan bentuk – bentuk daun melalui cetak penampang
Fisik/Motorik       : Mencetak bentuk daun pada kertas
Sosem                   : Bekerja sama dengan teman sebaya dan orang dewasa
Seni                      : Mewarnai permukaan daun

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Moral                    : Dengan berdoa sebelum dan sesudah belajar, anak dapat mengucapkan
                               doa sebelum dan sesudah belajar secara jelas dan tepat.
Bahasa                  : Dengan menyanyikan lagu “Tanaman”, anak dapat memperbanyak
  perbendaharaan kosakata bahasa anak
Kognitif               : Dengan mengamati jenis-jenis bentuk daun, anak dapat menbedakan
  bentuk daun secara jelas.
Fisik/Motorik       : Dengan mencetak bentuk daun pada kertas, anak dapat  
   menyeimbangkan koordinasi mata dan tangan secara baik
Sosem                   : Dengan berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa, anak
  dapat berkerjasama secara adil.
Seni                      : Dengan mewarnai dipermukaan daun, anak dapat mengenal berbagai
  jenis warna




E.     MATERI AJAR



Uraian materi
1.      Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

2.      Pengertian Daun
Daun adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang tumbuh pada ranting yang umumnya berbentuk pipih dan berwarna hijau. Berwarna hijau karena mengandung klorofil.Tetapi beberapa jenis tumbuhan memiliki daun berwarna merah. Bagian-bagian daun terdiri atas tulang daun, helai daun, tangkai daun, dan pelepah daun. Daun pisang dan daun bambu memiliki bagian daun yang lengkap. Akan tetapi, kebanyakan tumbuhan mempunyai daun yang tidak lengkap. Misalnya, ada daun yang terdiri atas tangkai dan helai daun saja. Sebagian besar tumbuhan seperti ini, misalnya daun nangka dan mangga. Ada pula daun yang hanya terdiri atas pelepah dan helai daun. Contoh daun seperti ini adalah daun padi dan jagung. Bagian daun yang umumnya paling kelihatan adalah helai daun. Ada berbagai macam bentuk helai daun. Bentuk helai daun dipengaruhi bentuk susunan tulang daun. Daun yang lengkap memiliki bagian bagian berupa pelepah, tangkai, dan helai daun.

3.      Bentuk – Bentuk Daun
Bentuk daun berdasarkan Susunan tulang daun antara lain:
a.       Menyirip
Tulang daun jenis ini memiliki susunan seperti sirip-sirip ikan, tersusun rapi mulai dari tangkai daun hingga ujung dari helai daun.Contoh tumbuhan yang memiliki jenis tulang seperti ini adalah tulang daun jambu, mangga, dan rambutan.
b.      Melengkung
Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis – garis melengkung.Tulang daun jenis ini dapat kita temukan pada berbagai tumbuhan di lingkungan sekitar kita. Misalnya, tulang daun siri, gadung, dan genjer
c.       Menjari
Tanaman ini mempunyai satu tulang daun yang besar dan bentuknya seperti jari-jari tangan manusia.Misalnya tulang daun pepaya, jarak, singkong, dan kapas.
d.      Sejajar
Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis sejajar, mulai dari pangkal daun hingga ujung daun.Tiap-tiap ujung tulang daun menyatu. Biasanya bentuk daunnya panjang-panjang.Misalnya, tulang daun tebu, padi, jagung, alang-alang, dan semua jenis rumput-rumputan.

4.      Fungsi Daun
Setiap jenis tumbuhan memiliki struktur daun yang khas, hal ini disesuaikan dengan fungsinya sesuai tempat hidupnya. Fungsi utama daun adalah untuk menyerap sinar matahari untuk pembuatan gula tanaman dalam proses yang disebut fotosintesis. Daun berkembang sebagai permukaan rata untuk menyajikan area yang luas untuk penyerapan yang efisien energi cahaya. Daun didukung dari batang dengan embel batang-seperti yang disebut tangkai daun. Daun bagi tumbuhan berfungsi antara lain sebagai berikut:
a.       Sebagai tempat berlangsungnya proses pembuatan makanan tumbuhan (fotosintesis), karena daun mengandung klorofil atau zat hijau daun.
b.      Berperan pada proses penguapan tumbuhan.
c.       Merupakan salah satu alat pernapasan pada tumbuhan, yaitu melalui bagian daun yang disebut stomata atau mulut daun.
d.      Turut berperan dalam proses penyerapan air dan zat hara dari dalam tanah.
e.       Bahan perkembangbiakan, misalnya pada cocor bebek.
f.       Tempat penyimpan cadangan makanan, misalnya pada bawang merah dan lily.

5.      Cetak Penampang

Cetak penampang daun-daunan merupakan karya seni rupa dwi mantra (2 dimensi) cetak tinggi. Cetak tinggi yakni seni cetak yang mana bagian-bagiannya timbul, apabila diberi tinta dan diletakkan pada permukaan kertas (bidang datar) akan meninggalkan bekas yang sesuai dengan bagian yang timbul pada cetakan. Proses cetak tinggi menggunakan alat cetak yang akan menghasilkan gambar dari bagian yang menonjol. Apabila alat cetak dioles dengan tinta, bagian yang menonjol atu akan menerima tinta. Jika klise/ alat cetak itu ditempelkan pada kertas kemudian diangkat, maka tampaklah gambar pada kertas. Contoh cetak tinggi yang sederhana ialah: stempel, jari, uang logam, potongan pelepah pisang, tutup botol, cukilan ubi/ wortel, dan sebagainya.Pembuatan alat cetak untuk cetak tinggi dapat dilakukan dengan menggunakan guntingan gambar, dan selanjutnya dapat untuk mencetak, contohnya media berupa: guntingan gambar, papan/ karet /ubi, cat poster/ pewarna, pensil, pencukil, dan kertas gambar.
Proses pencetakkan daun-daunan dilakukan sebagai berikut:
a.       Pilihlah bentuk daun yang menarik serta ukurannya tidak terlalu lebar.
b.      Siapkan pewarna pada alas warna seperti pada cetak penampang. Usahakan agar keadaan pewarna pada alas merata keadaannya, serta tidak terlalu encer.
c.       Tempelkan permukaan daun tadi serata mungkin pada alas pewarna.
d.      Selanjutnya permukaan daun yang sudah berwarna tadi tempelkan pada kertas yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Gosoklah permukaan daun itu dengan hati-hati dan jangan sampai bergeser. Agar aman dan leluasa menggosok, simpanlah kertas di atas permukaan daun tersebut.

F.  PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
·         Scientific
·         Demonstrasi 
·         Tanya Jawab
·         Bercerita 


·         Tugas
·         Ceramah
·         Praktek langsung


   

      

G. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Kegiatan Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pembukaan







Ø  Guru mempersiapkan bahan dan materi ajar.
Ø  Anak berbaris
Ø  Memeriks kuku anak
Ø  Anak berjabat tangan dan memberi salam
Ø  Bernyanyi
Ø  Berdoa sebelum belajar
Ø  Absen sambil bernyanyi
Ø  Apersepsi menayakan tentang pelajaran yang lalu kepada anak dan mehubungkannya dengan pelajaran hari ini
Ø  Menayakan hal yang mengarah ke tema
Ø  Motivasi
Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran
30 menit







Kegiatan Inti
















Ø  Menanyakan kembali tentang pelajaran kemarin
Ø  Mengamati daun-daun yang yang dilingkungan sekitar
Ø  Menyebutkan jenis-jenis bentuk daun
Ø  Menyanyikan lagu “Tanaman”
“Lihat tanamanku penuh dengan daun
Ada yang menyirip dan ada yang menjari
Kuwarnai setiap dedaunan,
Sejajar melengkung, semuanya indah”
*versi lagu lihat kebunku
Ø  Mendemontrasikan cara cetak penampang dedaunan pada kertas
Ø  Membagi peserta didik menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 4 peserta didik
Ø  Membagikan media pada setiap kelompok
Ø  Mewarnai permukaan daun dengan cat air
Ø  Mencetak daun yang telah diwarnai pada kertas
30 Menit
Istirahat
-
30 Menit
Penutup
Ø  Tanya jawab tentang berbagai bentuk daun
Ø  Memberikan reward kepada anak yang dapat menjawab pertanyaan
Ø  Mengevaluasi pembelajaran
Ø  Menyanyikan lagu “tanaman”
Ø  Berdoa sesudah belajar
Ø  Salam
Ø  Pulang
30 Menit

H.      MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.      MEDIA
Alat dan bahan cetak penampang
·         Dedaunan
·         Car air
·         Kertas
·         Kuas
·         Air
2.      SUMBER
·         Kurikulum Permen 137 dan 146 tahun 2014
·         Program tahunan,program semester dan RKM PAUD,2012,KKG/IGTK
·         Pedoman Pengembangan Silabus di Taman Kanak-Kanak,2012
·         Kurikulum 2013
·         Gambar google


I.         PENILAIAN
a.       Prosedur Penilaian
·      Proses
·      Hasil
b.      Jenis Penilaian
·       Lisan
o   Keberanian anak untuk menjawab pertanyaan
o   Keberanian anak mengemukakan pendapatnya
o   Menyebutkan benda/ media yang diperlihatkan oleh guru
·       Tulisan
Mencetak bentuk daun pada kertas
·       Perbuatan
Melakukan setiap kegiatan cetak penampang daun-daunan
c.       Bentuk Penilaian
·       Unjuk Kerja
·       Sikap
d.      Alat Penilaian
·      SOAL (LKPD) *Terlampir
·      Lembar Penilaian (observasi) *Terlampir
                                                         

Comments

  1. Mbak suraya atika, apabila berkenan bekerjasama joint venture penghasilan melalui program adsense dapat dengan sistim bagi hasil bisa email saya di yusufbachtiar02@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Proposal Pembuatan Kompos

LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

RUANG LINGKUP PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS